iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana

Alan May Saputra, Atlet Angkat Besi Terus Asah Pengalaman Tanding

  Dibaca : 5 kali
Alan May Saputra, Atlet Angkat Besi Terus Asah Pengalaman Tanding

Memontum Kota Malang—-Dilihat kasat mata, tak terlihat jika Alan May Saputra, pelajar kelas 11 SMKN 10 Kota Malang ini, merupakan atlet angkat besi Persatuan Angkat Besi Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) Kota Malang. Padahal sejak duduk di bangku kelas 1 SMPN 16 Kota Malang, dirinya mulai terlibat aktif hingga saat ini dalam dunia angkat besi.

“Saya mulai latihan dan ikut PABBSI sejak kelas 1 SMP, sekitar tahun 2013. Kebetulan pelatihnya itu teman ayah. Saat ini ayah juga pengurus PABBSI Kota Malang sebagai bendahara,” jelas anak ke-3 dari 6 saudara, Sudirman (46) dan Nur Widayati (45) yang kini berdomisili di Jl Tutut, RT 3 RW 8, Arjowinangun, Kedungkandang, kota Malang.

Lajang kelahiran Malang, 13 Mei 2000 ini, mulai menunjukkan taringnya ketika ikut Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (PORPROV) 2015, saat duduk di kelas 3 SMPN 16. Ibarat kecil-kecil cabe rawit, Alan, sapaan akrabnya, mengikuti kelas Berat Badan (BB) 62 kilogram, dan berhasil menyabet harapan pertama atau nomor 4.

“Saat itu usia saya masih 15 tahun, sementara lawan saya sudah senior semua dengan usia sekitar 19-21 tahun. Memang aturannya tidak memandang usia, namun berdasarkan kelas BB yang diikuti. Hanya saja pengalaman saya masih kurang dibandingkan mereka, jadi masih perlu banyak latihan dan pengalaman bertanding untuk menambah jam terbang,” terang remaja yang saat ini sedang magang kerja di Harian Pagi Memo X ini.

Alan pun mulai menunjukkan perkembangan kemampuannya. Pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) 2016 di Madiun, dirinya mengikuti kelas BB 77 kilogram dan kembali meraih harapan 1 atau nomor 4. Namun pada Kejurprov 2017 di Kediri, yang berlangsung Jum’at-Sabtu (10-11/11/2017) lalu, tak tanggung-tanggung Alan mendapatkan juara 2 (perak) untuk 3 kategori teknik sekaligus di kelas BB 85 kilogram plus.

“Alhamdulillah, saya meraih 3 perak sekaligus di kelas BB 85 plus, untuk ketiga kategori teknik, yaitu Snatch, Clean and Jerk, dan Total Angkatan,” urai pelajar yang cepat tanggap ini. Disinggung tentang kegiatan latihannya, Alan menjelaskan setiap hari dia rutin latihan, kecuali Kamis dan Minggu dikarenakan sasana libur. (rhd/yan)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional